Kegiatan pendidikan tidak hanya melibatkan guru dan murid, tetapi kegiatan pendidikan yang baik kerap melibatkan banyak pihak yang ikut andil dalam mensukseskan pendidikan tersebut. Salah satu hal yang mengambil peran penting dalam mensukseskan pendidikan adalah dengan melaksanakan kegiatan Parenting Sharing yang sudah sering kali dilakukan di Sekolah Karakter.
Kali ini, Parenting Sharing kelas 1-3 (2022) diadakan pada tanggal 26 Februari 2022 dengan judul “Mendampingi Anak dengan Grafologi – Memahami Tulisan Tangan Si Kecil” dimana karena kondisi pandemi yang belum juga mereda, maka acara diselenggarakan melalui virtual/zoom dan disiarkan secara live di youtube. Dibantu oleh narasumber yang memiliki segudang pendidikan dan pengalaman di bidang grafologi yaitu Ibu Sri Hastuti.,S.Sos.,M.H.,CMHA.,CHRP ini membahas tentang upaya dalam menciptakan pola komunikasi yang tepat dalam keluarga maupun sekolah dengan melihat karakteristik tulisan tangan anak-anak.
Dari parenting sharing grafologi ini, kita semua dapat belajar membaca kondisi atau perasaan anak-anak saat ini sehingga akan memudahkan orangtua dan juga pendidik dalam memahami karakter anak dan minat belajar anak seperti apa nantinya.
Acara yang berlangsung selama 4 jam berjalan dengan baik dan lancar. Di awali oleh dua orang MC acara yaitu Ibu Dewi Layla (Bunda dari Binar – 3 Selada) dan Bapak Irfan (Ayah Elang – 1 Kenikir). Selanjutnya sambutan dari Bapak Kepala SD Karakter Tapos, Bapak Muhammad Agus atau yang kerap disapa Pak Awan dan dilengkapi pula sambutan dari Ketua Komite Sekolah Karakter, Bapak Defrizal yang menyampaikan bahwa “orang tua diharapkan untuk terus mengupdate ilmu-ilmu baru di jaman yang serba maju agar tidak ketinggalan jaman”. Oleh karena itu melalui parenting sharing ini, kami harap orang tua dapat belajar ilmu baru seperti grafologi untuk membantu memantau anak-anak di tiap perkembangannya.
Acara berlanjut dan semakin memuncak keseruannya saat sesi narasumber memperkenalkan orang tua tentang cara mengetahui pola berpikir, karakter, dan tingkat konsentrasi anak melalui tulisan tangan anak dengan melihat gambar, bentuk huruf, dan ukuran menulis anak. Diajarkan pula tentang pola komunikasi anak dengan membedakan dua tipe anak yaitu verbal aktif dan verbal pasif (pendiam) dengan melihat bentuk tulisan huruf a pada tulisan anak. Disebut bahwa anak dengan tulisan huruf a yang terbuka dikatakan lebih aktif atau suka berbicara dan anak dengan bentuk tulisan a yang tertutup dikatakan sebagai verbal pasif atau pendiam. Dan masih banyak lagi pembelajaran tentang ilmu grafologi yang seru.
Narasumber pun menginterpretasikan “doodle test” yang cara pengisiannya diajarkan langsung oleh Ibu Hastuti selaku narasumber dan diikuti oleh seluruh peserta. Dalam doodle test ini Ibu Has memberikan beberapa pola yang nantinya bisa dilanjutkan oleh peserta untuk mengisi pola-pola tersebut menjadi sebuah gambar tertentu tergantung masing-masing peserta. Hasil gambaran tersebutlah yang akan dibaca untuk mengetahui karakter diri peserta. Kembali lagi, kami berharap ilmu baru ini kelak akan terus dapat dipakai para orangtua dan pendidik seterusnya dalam membimbing dan membina anak-anak calon penerus bangsa kita untuk lebih mengenal karakter masing-masing anak.
Tidak hanya pembalajaran mengenai cara membaca tulisan tangan anak, tetapi acara ini juga dilengkapi dengan kegiatan seru lainnya seperti kuis berhadiah dimulai dari 10 tercepat pengisi link presensi, lalu kuis tentang grafologi, tebak gambar wajah, tebak nama sayur, kuis trivia serta kuis-kuis lainnya yang disertai hadiah-hadiah dari sponsor acara.
Untuk hadiah-hadiah seru yang diberikan kepada pemenang tentunya tidak lepas dari bantuan beberapa sponsor, seperti Wisma Hijau, Saba, Coffeeright, Bellamore, PaWon Barusa, Sayagi, McDonald, Dampu, Miki Shop, Barusa Coffee & Roastery, HanSuki Thaisuki & Grill. Oleh sebab itu, kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada para sponsor yang sudah bersedia membantu acara kami. Sampai bertemu di Parenting Sharing selanjutnya.